Ketua DPR Hadiri Festival Bakar Tongkang

By Admin

Foto/dpr.go.id  

nusakini.com - Ketua DPR RI, Setya Novanto didampingi oleh Gubernur Riau Arstadjuliandi Rachman menghadiri Festival Budaya Bakar Tongkang yang berada di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Minggu (11/6/2017) lalu.

Bakar Tongkang dilakukan untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke tanah Bagansiapiapi pada tahun 1820. Selain itu juga merupakan simbol bahwa masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi tak akan kembali lagi ke tanah leluhurnya yang berada di China dan berjanji untuk mengambangkan dirinya di Indonesia.

Novanto mengaku dirinya cukup senang menghadiri acara tersebut, "Bahagia sekali bisa berkesempatan ikut arak-arakan ke tempat pembakaran Tongkang dan acara sungguh meriah," ujarnya seperti dilansir dari situs resmi DPR RI.

Festival kebudayaan seperti ini telah menjadi kekayaan nasional kita. Semangat kebersamaan dalam arak-arakan menunjukan bahwa walaupun kita berbeda-beda, tetapi tetap satu Indonesia. "Kebudayaan merekatkan kita sebagai bangsa, bukan justru memcah belah, " tuturnya

Selain menunjukkan semangat persatuaan, menurutnya festival kebudayaan seperti ini juga mampu menarik kehadiran wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Tak kurang sekitar lima ribu oraang memadati festival ini, karena itu Setya Novanto menginginkan kita untuk sama-sama jaga berbagai kekayaan budaya dan adat istiadat yang ada diberbagai daerah. (p/mk)